Berita Terbaru
Loading...
Wednesday, January 6, 2016

WEDDING FOTOGRAFER Tips Menjadi Wedding Fotografer

WEDDING FOTOGRAFER Tips Menjadi Wedding Fotografer. Pernahkah Anda memiliki pengalaman menjadi wedding fotografer? Jika belum, dapatkah Anda bayangkan menjadi seorang wedding fotografer? Apakah sulit? Atau malah mudah menurut Anda? Sebenarnya menjadi wedding fotografer bukanlah hal yang mudah, namun jika Anda ingin tahu bagaimana sulit mudahnya, di bawah ini tersedia beberapa tips untuk menjadi wedding fotografer yang baik

WEDDING FOTOGRAFER

Langkah pertama buatlah daftar foto yang akan Anda ambil. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah meminta pasangan pengantin untuk memikirkan foto-foto seperti apa yang mereka inginkan pada saat acara pernikahan berlangsung. Berikutnya, Anda dapat memilih koordinator foto. Anda bisa bayangkan, mengambil foto seluruh anggota keluarga pada saat acara pernikahan bisa terasa merepotkan. Bagaimana tidak, kebanyakan dari mereka berjalan kesana kemari menemui anggota keluarga lain, teman, tetangga dan lain-lain. Ditambah lagi, Anda sebagai penyedia jasa pasti tidak mengenal lengkap seluruh anggota keluarga tersebut bukan? Parahnya lagi ada dua keluarga yang berkumpul baik itu dari pihak laki-laki maupun perempuan. Guna mensiasati hal ini, mintalah pada pasangan pengantin tersebut untuk menentukan seorang foto koordinator dari pihak keluarga tentunya yang mengenal seluruh anggota keluarga dengan baik. Foto koordinator ini nantinya bisa membantu Anda mengumpulkan mereka untuk sesi pemotretan.

Hal selanjutnya adalah mengunjungi lokasi acara. Kunjungi semua lokasi pernikahan dimana Anda akan memotret sebelum acara berlangsung. Karena ini akan sangat membantu untuk mengetahui darimana kita memotret, merencanakan angle atau frame foto yang akan kita ambil dan melihat bagaimana kondisi pencahayaan pada waktu yang sama ketika acara pernikahan. Hal ini akan sangat berguna lagi jika Anda dpat mengikutsertakan pasangan pengantin melihat lokasi, dan mencoba mengambil beberapa foto di lokasi tersebut.

Dan hal yang mendasar sebagai seorang wedding fotografer yang baik adalah persiapan yang menjadi kunci dari wedding fotography. Anda harus membersiapkan diri dengan baik, karena biasanya potensi kesalahan besar terjadi pada saat acara pernikahan. Sehingga membuat rencana cadangan, misalnya jika pernikahan outdoor dan cuaca buruk akan sangat dibutuhkan. Pastikan pula baterai kamera Anda terisi penuh, memory card benar-benar kosong, pikirkan tentang rute atau urutan pemotretan sehingga Anda mengetahui momen apa yang terjadi berikutnya. Jika memungkinkan, hadiri pula acara gladi resik, karena dari situ Anda bisamengumpulkan informasi tentang posisi memotret, pencahayaan, dan urut-ututan acara.

Anda juga perlu mengetahui apa yang menjadi harapan kedua mempelai terhadap hasil foto Anda. Sebelumnya Anda bisa menunjukkan hasil foto atau portofolio Anda pada mereka. Ketahuilah apa yang mereka inginkan, berapa banyak foto yang ingin mereka dapat, acara apa saja yang tidak boleh terlewatkan dan bagaimana foto tersebut digunakan.

Ketika Anda melakukan tugas, pastikan suara yang ada pada kamera Anda matikan sebelumnya. Karena terkadang bunyi-bunyi yang dihasilkan kamera tersebut akan mengganggu prosesi pernikahan yang seharusnya khidmat tersebut. Potretlah juga detail-detail kecil. Misalnya saja gambar cincin, pernak-pernik kebaya atau gaun penganti, bunga, penataan meja dan lain sebagainya. Itu semua akan memberikan warna dan dimensi yang indah pada album pernikahan. Cobalah pula membuat sebuah album dengan format Wedding Magazine agar mood pasangan tersebut saat melihat album mereka tadi timbul dengan sendirinya.

Jika Anda ingin benar-benar menjadi seorang wedding fotografer yang handal, gunakan lah dua kamera saat Anda memotret. Gunakan dua lensa yang berbeda pada setiap kamera. Idealnya satu kamera dilengkapi dengan lensa wide (bagus untuk candid dan ruang sedikit sempit), dan satu lagi dengan lensa zoom (kalau bisa gunakan lensa yang memiliki focal length maksimal 200mm). Jika Anda memilki kesulitan mencakup semua momen, maka pertimbangkan lah untuk menggunakan fotografer kedua. Memiliki fotografer cadangan bisa menjadi strategi yang bagus karena Anda tidak perlu bergerak atau berpidah tempat terlalu banyak pada saat acara pernikahan. Satu fotografer mengambil foto formal, dan wedding fotografer lain mengambil foto candid.

Apabila Anda ingin mencari gambar yang sempurna saat prosesi pernikahan, maka berani lah namun jangan terlalu mencolok. Bersikaplah berani ketika mengambil foto-foto penting, terlebih foto yang diinginkan oleh kedua mempelai. Sikap malu-malu dan ragu-ragu tidak akan memberikan foto yang Anda cari, terkadang sedikit keberanian untuk menangkap momen memand dibutuhkan bagaimanapun juga timing merupakan segalanya dan berpikirlah untuk mendapatkan posisi yang tepat saat momen penting sehingga tidak mengganggu jalannya acara pernikahan. Anda dapat melakukan pergerakan berkeliling secara efisien, seperti berpindah tempat pada saat pidato sambutan atau pemutaran lagu.

Hal yang terakhir adalah mempertimbangkan penggunaan background foto. Salah satu tantangan dalam seorang wedding fotografer adalah semua orang selalu bergerak kesana kemari, dan ini berarti background foto juga akan berganti-ganti. Oleh karena itu, pemilihan background yang tepat akan berpengaruh pada hasil foto itu sendiri.


Artikel mengenai WEDDING FOTOGRAFER Tips Menjadi Wedding Fotografer semoga dapat menjadi referensi untuk sahabat Blog Trend Baju Pengantin, agar senantiasa selalu update perkembangan dunia fashion terbaru. Model dan desain baju pengantin memang selalu berkembang, baik corak, motif, maupun gaya dalam berbusana pengantin. Tren dunia mode Indonesia banyak dipengaruhi oleh informasi dari luar negeri.

Silahkan menyimpan foto atau gambar dengan melakukan klik kanan di atas gambar dan pilih 'save image as' atau 'simpan gambar sebagai' kemudian pilih folder di komputer Anda.

Silahkan bookmark halaman ini atau share kepada teman-teman ya.

Link Post: https://trendbajupengantin.blogspot.com/2016/01/wedding-fotografer-tips-menjadi-wedding.html
Rating Artikel: 100% based on 9999 ratings. 1099 user reviews.

0 comments:

Post a Comment